Kamis, 18 Desember 2014

Cara Menyusun Skripsi Bahasa Inggris (Gambaran Umum)



KUTIPAN MBAH TRIPELES:
"Skripsi itu seharusnya mudah; apa yang harus kita tulis hanyalah 'rangkuman' dari apa yang kita dapat selama kuliah"
Bismillah,
Preamble,

Pertama yang harus saya jelaskan adalah, semua yang akan dijelaskan di sini (sesuai judul di atas) merupakan rangkuman dari sepenggal pengalaman pribadi. Dan tentunya, ada yang lebih baik dan benar dari pada yang tertulis disini. Satu hal yang perlu anda ketahui, artikel ini hadir hanya karena sebatas dorongan untuk ingin berbagi. Adapun nantinya ada banyak kekurangan dan kekeliruan, mohon partisipasinya dengan melontarkan sekata-dua-kata di kolom komentar.
Tidak menutup kemungkinan, apabila sodara memerlukan gambaran umum mengenai skripsi untuk bidang keilmuan yang berbeda,  artikel ini saya rasa akan cukup membantu dalam proses ataupun persiapan menyelesaikan skripsi. 

Point 1 : syarat dan pra-syarat


Mbah Tripeles tidak akan membicarakan lagi mengenai teknis penulisan skripsi.
Mengenai teknis penulisan skripsi yang menyangkut format penulisan, syarat dan pra-syarat dalam skripsi yang biasanya menyangkut hal-hal seperti: penentuan jenis font, ukuran kertas, warna, tata letak, halaman pengesahan, dan lain-lain sepertinya sudah tidak perlu dibahas lagi. Semua itu biasanya sudah ditetapkan oleh universitas masing-masing di buku pedoman penyusunan skripsi. Well!

Point 2 : Judul + Referensi 
Materi terkait: Bentuk dan cara menulis referensi a.k.a daftar pustaka (klik untuk melihat)

Judul itu sangat penting sodara! He he he, bagaimana skripsi tanpa judul? Misalnya judulnya adalah The Characters' Characterization: An Analysis of "Brave" Movie By Mark Andrews, Brenda Chapman and Steve Purcell. Oke, gini sodara, ini misalnya saya lagi cari-cari judul ne ceritanya. Maka yang saya lakukan adalah obervasi materi atau lebih tepatnya tema apa yang nantinya akan kita buat. Tentunya sesuai dengan bidang masing-masing. Setelah mantab-kuadrat dengan tema yang kita pilih dan kira-kira bisa nyangkut di otak, langkah selanjutnya adalah mengerucutkan tema tersebut menjadi judul. Seperti contoh judul di atas, maka tema yang saya angkat adalah mengenai sastra alies literature broo....oke.

Selanjutnya, mas bro dan mbak bro jangan kesusu atau terburu damai dengan perasaan dulu. Belum tentu topik yang telah kita pilih itu nantinya akan mempermudah perjalanan sodara-sodara, malah-malah karena referensinya sedikit atau bahkan sulit nantinya akan menghambat perjalanan mas dan mbak bro. Oke, judul siap, referensi banyak lanjut.

CWS


Masuk Bab I

Deg, deg, deg, yang penting jangan ngeder...Okay lanjut.
Bab satu dalam sekeripsi aka skripsi aka thesis itu simpelnya memuat perkara-perkara yang menyangkut dengan (satu) Latar Belakang (kalau di desa Mbah Tripeles, latar (jawa: halaman rumah) itu tempatnya di depan gak di belakang..wks wks wks). Apa yang perlu kita tulis disini? Masuk sini gan: Ciat-Ciat Penyusunan Latar Belakang Masalah. Sambil nyuntai bro, tapi yang serius loh! Ini penting! poin ke-(dua) dalam suatu karya ilmiah (bisa skirpsi, bisa laporan penelitian, atau bisa apa saja) harus terdapat yang namanya Rumusan Masalah dan Tujuan Penelitian (klik disini aja untuk menyaksikan).

Terus, nah lo biasanya kan kalo di skripsi bahasa Inggris kan ada yang namanya Significance of Study, terus Limitation of Study dan Definition of Key Terms? Itu mah soal gampang mas/mbak bro, tinggal tulis aja isinya [pertama] kenapa kok harus di beri limitation alies batasan penlitian? itu dimaksudkan agar tujuan penelitian yang bro/sist conducting itu gak kemana-mana alies keep going on the track. [kedua] Jelaskan tu, apa sih pentingnya penelitian kamu di sub-bab Significance of Study, misalnya; untuk apa? untuk siapa? kenapa? [ketiga] Kata kunci. Misalnya nih ya, agan lagi neliti tentang bahasa Planet Mars, itu kan pasti ada banyak kata-kata yang aneh dan sulit untuk dimengerti, nah ini fungsinya; jelaskan secara gamblang apa saja term-term alies istilah-istilah penting yang ada di penelitian. Bab 1 selesai!




0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2014 | Tripel-Es |. All Rights Reserved. Template by CB Blogger. Powered by Blogger.